Thursday, December 15, 2016

Cara Memasang Google Analytics Di Blogspot Dengan Mudah

Cara Memasang Google Analytics Di Blogspot Dengan Mudah




Google Analytics adalah sebuah tools yang sangat berguna untuk melihat detail jumlah pegunjung di blog kita, apakah harus kita mendaftarkan blog ke google analitycs ? ya pastinya karena akan memudahkan kita dalam memantau perkembangan blog. Tidak hanya google analytics saja yang bisa memantau blog anda dengan detail tapi silahkan anda juga harus verifikasi blog ke google agar artikel/blog anda bisa di pantau oleh google, silahkan baca Cara Verifikasi Blogspot ke Google Webmaster Terbaru. Ok kita akan coba memasang google analytics di blogspot.

Picture by Google

1. Pertama anda silahkan masuk dulu ke tools Google Analytics, jika sudah punya akun ya bagus tapi jika belum bisa masuk dengan akun Gmail ya, silahkan login dan klik di sebelah kanan atas.

2. Jika sudah masuk silahkan klik lagi Pendaftaran di sebelah kanan atas, lihat gambar dibawah



3. Langkah selanjutnya anda akan di minta mengisi kolom/form untuk menndaftarkan blog, dan isilah sesuai nama. alamat url blog anda, kategori blog, dn wilayah negara. jika sudah di isi silahkan gulir kebawah dan klik "Dapatkan ID Pelacakan" setelah itu akan muncul perjanjian atau sarat sebelum menggunakan Google Analytics jika anda sudah membacanya klik saja "Saya Setuju".

4. Setelah anda menyetujui persyaratan google analytics anda akan menemukan kode yang nantinya akan di pasang diblog, ada dua cara memasang tracking code google analytics yatu dengan mengambil ID dan langsung mengcopy semua kode melalui template.

  • Cara pertama copy Web Property ID, contoh "UA-60267666-1" (tanpa tanda petik), kemudian anda pergi atau login ke blogger>>Dasboard>>Setelan>>Lainnya, gulir ke bawah dan masukan kode ID nya di kolom ID Properti Web Analytics lalu simpan.

  • Cara yang kedua dengan cara mengcopy code atau semua script ke template, copy kodenya kemudian login ke Blogger>>Dasboard>>Template>>Edit Html, nah jika sudah sampai sini tekan Ctrl+F dan masukan <head> atau </head>, bila sudah di temukan silahkan anda pastekan disebelah kanan <head> atau juga bisa di sebelah kiri kode </head> pada layar PC/Laptop anda.


Kalau menurut saya lebih praktis memakai cara yang pertama untuk memasukan Code Google Analytics ke blogspot karena terbilang tidak ribet dan tentunya lebih cepat juga. jika kodenya sudah tersimpan anda tinggal mengeceknya di google analytics kemudian pergi ke laporan nah disitu nanti bisa di ketahui statistik datta blog dengan detail dan selamat blog anda berhasil terdaftar di Google Analytics.




Available link for download